Tips Bermain Origami Anak

Ditulis pada kategori Motorik, Origami

 

bermain origami anak
Origami bisa menjadi kerajinan tangan yang menyenangkan untuk anak-anak, terutama jika model origami yang dibuat sesuai dengan umur mereka. Anak-anak tidak hanya akan mendapatkan kepuasan dan kebanggaan tersendiri ketika mereka menyelesaikan origaminya, namun mereka juga belajar bagaimana mengikuti instruksi, mengembangkan keterampilan tangan, dan menghasilkan kreasi yang apik.

Yang menarik, setelah anak-anak menyelesaikan origaminya, bukan berarti permainan selesai. Anda dan anak-anak bisa mengkreasikan origami tersebut dalam kerajinan tangan yang lain atau bahkan digunakan dalam permainan. Berikut beberapa ide yang bisa dilakukan.

Kartu ucapan. Gunakan origami berbentuk kepala hewan, hati, atau bunga sebagai hiasan kartu ucapan. Kartu ucapan selamat ulang tahun, selamat hari ibu, atau kartu ucapan untun nenek di kampung pasti akan lebih menarik jika origami terpasang disampulnya. Sesuaikan jenis origami dengan tema kartu, misalnya kartu ucapan selamat hari ibu dengan origami bentuk hati, dan lain-lain. Berikan hiasan pita, manik-manik, aksesori, atau kertas warna agar lebih menarik.

Boneka. Rekatkan origami berbentuk kepala hewan pada stik es krim lalu mainkan seperti boneka. Berikan nama pada masing-masing karakter lalu mainkan origami dalam cerita atau dongeng. Gunakan ukuran kertas yang berbeda sehingga bisa menjadi karakter “anak” dan “orang tua”.

Topeng. Jika dibuat dengan kertas yang cukup besar, origami berbentuk kepala hewan bisa digunakan sebagai topeng. Gunakan topeng ini dalam permainan drama yang dimainkan oleh Anda, anak-anak dan anggota keluarga yang lain.

Model peternakan. Buatlah origami bentuk hewan yang beragam: kucing, kelinci, anjing, dan lain-lain. Selain itu, gambarlah nuansa peternakan pada selembar kertas. Lalu rekatkan origami tersebut pada gambar berlatar belakang peternakan, jadilah model latar belakang nuansa peternakan.

Hiasan magnet. Tempelkan magnet dibelakang origami berbentuk hewan, bunga atau hati, jadilah hiasan magnet yang biasa ditempelkan di kulkas. Hiasan ini juga bisa menjadi hadiah yang bagus untuk teman-teman, saudara atau kakek nenek di luar kota.

Hiasan pensil. Buatlah origami berukuran kecil lalu rekatkan pada bagian atas pensil, jadilah hiasan pensil buatan sendiri.

Pembatas buku. Tempelkan origami pada ujung sebuah kertas yang tebal. Jadilah sebuah pembatas buku yang unik.

Hiasan papan pengumuman. Tempelkan origami yang berwarna-warni dengan beragam bentuk pada papan pengumuman di rumah atau bahkan di sekolah. Kini, papan pengumuman tidak membosankan lagi.

Alat belajar berhitung. Gunakan origami kucing untuk belajar berhitung. Misalnya, tanyakan kepada anak Anda“Coba dihitung, 2 kucing ditambah 1 kucing sama dengan …” atau “Berapakah kucing yang berwarna merah?”

Alat belajar mengenali warna. Gunakan origami kucing dari kertas origami yang beraneka warna untuk belajar mengenali warna. Misalnya, mintalah anak Anda untuk menunjukkan warna tertentu, “Ayo … Tunjukkan kucing yang berwarna merah”. Anda juga dapat mengunakan origami bentuk hewan lainnya dan mengajak anak Anda mengumpulkan origami hewan dengan warna tertentu.

  • Banner-Header-bermainbelajar-JaPo

Comments

9 Tanggapan to “Tips Bermain Origami Anak”
  1. soul ease says:

    Menarik banget… bisa jadi tambahan materi kreatif untuk bermain dengan anak. Seneng deh di situs ini penyajiannya lebih menarik karena disertai foto tahap demi tahap origaminya. Thanks ya!

  2. bund4 says:

    @soul ease : You’re welcome, Sis. Really glad you like it. Ok … akan datang origami anak dengan variasi lainnya. Have fun bermain dengan Fian The Energetic! ^_^

  3. heni says:

    Assalamu’alaikum,Terimakasih bunda, web nya sangat bermanfaat…..dan menambah pengetahuan untuk mendidik anak

  4. Bunda Amel says:

    alaikum salam … terima kasih, Bunda, atas apresiasi juga kunjungannya.

  5. cakwin says:

    asswrwb.
    terimakasih atas amalannya untuk membolehkan pengunduhan file. smg dibalas Allah.

  6. cakwin says:

    asswrwb.
    tk atas ijin pengunduhannya. emoga jadi amal, dan dibalas oleh Allah
    wass

Trackbacks

Melihat apa kata orang lain tentang posting ini...
  1. […] Selain itu, bersama-sama, Anda dan anak-anak bisa membuat aneka kerajinan tangan dengan menggunakan origami. Ingin tahu tips bermain dan belajar dengan origami anjing lainnya, lihat disini. […]

  2. […] Jika Anda menggunakan kertas yang cukup besar untuk membuatnya, origami ini bisa digunakan sebagai mainan topeng. Selain itu, Origami berbentuk kepala kucing ini akan tampak bagus ditempelkan di kartu ucapan atau ditempelkan pada stik es krim menjadi boneka.  Ingin tahu tips bermain dan belajar dengan origami kucing lainnya, lihat disini. […]

  3. […] Kertas yang digunakan adalah kertas berbentuk bujur sangkar. Gunakanlah kertas dengan warna dan ukuran yang beragam, sehingga origami kelinci bisa dimainkan bersama-sama. Untuk tips bermain origami anak, bisa dilihat disini. […]



Mari Berbagi

Silahkan sampaikan apa yang ada di benak Anda...
dan bila Anda ingin ada gambar yang muncul di samping sampaian Anda, silahkan pergi ke gravatar!