Permainan Belanja

Ditulis pada kategori Permainan

 

Permainan bisa menjadi sarana untuk mengajarkan anak-anak tentang bentuk, ukuran, warna, dan lainnya.
Anak-anak dari usia yang berbeda bisa bermain bersama-sama. Permainan ini juga merupakan permainan pura-pura yang disukai anak-anak yaitu berbelanja.


MATERIAL

Aneka makanan. Jika berkemasan, disarankan kotaknya saja, agar lebih ringan.
kursi, bangku panjang, atau papan dengan lebar 0.5 – 1 meter.
Meja

Makanan di atas meja

CARA BERMAIN

Masuklah ke dapur lalu kumpulkan aneka makanan, misalnya kotak sereal, kotak susu, kotak biskuit, buah, sayur, makanan/minuman ringan atau apa saja. Letakkan semua diatas meja. Kini meja berperan sebagai “toko”.

Lalu buatlah “jembatan” yang mengarah ke meja dengan menggunakan bangku panjang, papan selebar 0.5-1 meter (diletakkan di lantai), atau barisan kursi-kursi.

Anda bermain sebagai Ibu sementara anak berperan sebagai anak yang dimintai tolong ibunya untuk berbelanja. Mintalah anak Anda untuk menyebrangi “jembatan”, pergi ke “toko”, dan membawakan Anda sesuatu. Sesuatu itu merupakan makanan yang berada di “toko”. Tapi untuk memintanya Anda tidak mengatakannya langsung. Anda hanya memberikan petunjuk.

Sesuaikan petunjuk yang diberikan dengan kemampuan anak. Untuk anak Anda yang masih kecil, gunkan petunjuk yang jelas, seperti warna atau bentuk. Untuk anak yang lebih besar, bisa digunakan ejaan atau bahan pembuatnya.

Jika anak-anak diminta untuk mengambil lebih dari satu item, berikanlah dirinya kantong atau nampan.

Saran untuk petunjuknya:
Sesuatu yang besar atau kecil.
Sesuatu yang kemasannya berwarna merah (atau warna lainnya).
Sesuatu yang berbentuk kotak (atau bentuk lainnya).
Sesuatu yang diawali dengan ‘Ro-‘ (atau huruf/suku kata lainnya).
Sesuatu yang dihasilkan oleh sapi.
Sesuatu yang kita makan di sarapan hari ini.


VARIASI

Mainkan permainan ini saat benar-benar berada di toko. Anda bisa menggunakan petunjuk yang sama -ketika permainan ini dimainkan di rumah- untuk mendapatkan barang yang sama. Anda juga bisa memperluas permainan ini dengan meminta sang Kakak berperan sebagai penjual, dimana penjual yang menerima uang dan memberikan kembalian. Jangan lupa, berikan harga pada setiap makanan di toko.


YANG BISA DIPELAJARI

Anak-anak bisa belajar mengenali warna, bentuk, angka, huruf dan kata dalam permainan pura-pura ini. Belajar sambil bermain seperti ini bisa membuat proses belajar lebih menyenangkan, mudah, dan teringat lebih lama.

Jika Anda benar-benar membuat “jembatan” untuk “pembeli” untuk menyebrang dan memberikan mereka nampan untuk dibawa, mereka mendapatkan kesempatan untuk melatih keseimbangan mereka. Karena menyebrang sambil memegang nampan berarti anak Anda tidak bisa melihat kakinya dan mereka harus mengandalkan perasaannya.


PERINGATAN

Jika Anda membuat “jembatan” untuk permainan ini, pastikan “jembatan” tersebut aman.



  • Bermain dan Belajar

Comments

Satu tanggapan to “Permainan Belanja”
  1. herlina says:

    saya senang dengan dunia anak-anak… ternyata ya untuk mengajarkan mereka pengetahuan apa saja kita harus mengenal dunia mereka tentunya melalui “belajar sambil bermain” kreativ, inovatif, dan imajinatif dari berbagai bahan apa sajaaa..

Mari Berbagi

Silahkan sampaikan apa yang ada di benak Anda...
dan bila Anda ingin ada gambar yang muncul di samping sampaian Anda, silahkan pergi ke gravatar!